Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Biaya CT Scan Kepala [ TERBARU ]

Sebelum anda tahu biaya CT Scan Kepala, apakah anda sudah mengetahui pemeriksaan CT Scan Kepala?

Pemeriksaan CT Scan adalah pemeriksaan radiologi canggih dengan menggunakan sinar-x yang dipadukan dengan sistem komputer untuk menghasilkan gambaran klinis yang lebih dalam.

Jadi tidak semua klinis dapat dilihat hanya dengan pemeriksaan rontgen biasa atau pemeriksaan rontgen konvensional, melainkan harus dilakukan pemeriksaan rontgen canggih yaitu pemeriksaan CT Scan.

Misalkan untuk melihat tumor dan perdarahan didalam otak dokter tidak bisa melihat penyakitnya jika hanya dilakukan pemeriksaan rontgen biasa. Pada kasus ini harus dilakukan pemeriksaan CT Scan untuk melihat seberapa besar tumor didalam kepala dan untuk melihat seberapa luas perdarahan didalam kepala.

Pemeriksaan CT Scan juga dibedakan menjadi dua yaitu pemeriksaan CT Scan kontran dan pemeriksaan CT Scan non kontras atau polos.

Pemeriksaan CT Scan kontras merupakan pemeriksaan CT Scan yang menggunakan media tambahan berupa cairan kontras yang disuntikkan kedalam tubuh pasien dengan tujuan untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas dan maksimal.

Sedangkan pemeriksaan CT Scan non kontras atau polos merupakan pemeriksaan CT Scan biasa tanpa menggunakan media kontras.

Biaya CT Scan Kepala

Biaya CT Scan itu tergantung dari organ yang diperiksa. Misalkan pemeriksaan CT Scan kepala harganya berbeda dengan pemeriksaan CT Scan Abdomen. Selain itu biaya CT Scan kepla juga tergantung dari rumah sakit dan kelas perawatan yang digunakan.

biaya ct scan kepala
Sumber Gambar : Rumah Sakit Awal Bros

Biaya pemeriksaan CT Scan di rumah sakit A kemungkinan berbeda dengan biaya pemeriksaan CT Scan di rumah sakit B. Biaya pemeriksaan CT Scan di kelas 3 juga berbeda dengan biaya pemeriksaan CT Scan di kelas 1.

Berikut ini gambaran biaya CT Scan Kepala di 10 rumah sakit  yang saya kutip dari situs AloDokter.


  1. Rumah Sakit Premier Bintaro = Rp. 3.035.000,-
  2. Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi = Rp. 2.000.000,-
  3. Rumah Sakit Premier Jatinegara = Rp. 2.750.000,-
  4. Rumah Sakit Siloam TB Simatupang = Rp. 2.300.000,-
  5. Rumah Sakit Siloam  Lippo Cikarang = Rp. 1.409.000,-
  6. Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk = Rp. 1.848.000,-
  7. Rumah Sakit Premier Surabaya = Rp. 2.900.000,-
  8. Rumah Sakit Siloan Surabaya = Rp. 2.000.000,-
  9. Rumah Sakit Immanuel Bandung = Rp. 966.500,-
  10. Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Barat = Rp. 1.870.000,-
Sebelum anda melakukan pemeriksaan CT Scan saran saya tanyakan terlebih dahulu kepada petugas tentang biaya CT Scan Kepala, jadi anda bisa tahu lebih pasti berapa biaya yang akan anda keluarkan.

Posting Komentar untuk "√ Biaya CT Scan Kepala [ TERBARU ]"