Cara Mengatasi Kegemukan Pada Anak, Lakukan Ini Setiap Hari !

Author
Published September 21, 2021
Cara Mengatasi Kegemukan Pada Anak, Lakukan Ini Setiap Hari !
cara-mengatasi-obesitas-pada-anak

Cara Mengatasi Kegemukan Atau Obesitas Pada Anak - Anak doyan makan memang adalah hal yang bagus, akan tetapi bagaimana jika kapasitasnya tidak wajar ? tentunya Mom nanti bisa kerepotan kalau sampai hal ini terjadi terlebih lagi bisa mengakibatkan obestias pada anak.

Apa Itu Kegemukan ?

Kegemukan atau dalam arti medis (obesitas) adalah suatu masalah kesehatan dimana seseorang memiliki bobot berlebih karena kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan dibakar. Pada hal ini artinya pembakaran lemak pada tubuh lebih pasif daripada konsumsi kalori.

Obesitas dapat terjadi saat dini terlebih lagi pada anak-anak saat fase pertumbuhan, karena juga nafsu makan anak lebih baik dibandingkan dengan orang dewasa. Kegemukan juga sering kali terjadi apa bila anak jarang melakukan aktivitas seperti jalan, berolahraga, dan bermain.

Penyebab Anak Obesitas

Ada beberapa penyebab anak mengalami obesitas atau kegemukan antara lain:

Pola Makan Tidak Teratur

Pola makan yang tidak stabil dapat mengakibatkan anak mengalami kegemukan, hal ini ditekankan pada anak yang doyan makan. Kebiasaan buruk yaitu anak yang melampiaskan kekesalannya pada makanan sehingga dia tidak tahu bahwa itu buruk baginya.

Jarang Berolahraga

Kebiasaan anak yang tidak suka berolahraga juga dapat menyebabkan obesitas, biasanya anak akan lebih suka melakukan suatu hal karena moodnya saja. Oleh itu karena aktivitas yang kurang pembakaran kalori juga cenderung lebih jarang terjadi.

Faktor Genetik

Biasanya jika anak Anda terkena obesitas artinya seseorang di keluarga Anda punya masalah juga mengenai kegemukan. Obesitas karena faktor gentik yaitu merupakan penyakit kegemukan yang terjadi karena turunan genetika.

Ciri-ciri Obesitas Pada Anak

Terdapat beberapa hal yang dapat mencirikan bahwa anak mengalami obesitas, berikut ini ciri-cirinya:
  • Nafsu makan anak tidak terkendali, biasanya dia mengalami depresi sehingga melampiaskan kekesalannya pada makanan
  • Bobot anak bertambah secara berkala terus-menerus hal ini juga bisa diketahui dari porsi makan yang ikut bertambah
  • Perubahan pada fisik anak, dapat dilihat dari lipatan lemak yang berada pada tubuh anak mulai dari pipi, leher, tangan, hingga kaki


Cara Mengatasi Kegemukan Pada Anak

1. Rajin Berolah Raga

Ajarkan anak Anda untuk rajin berolahraga, mulai dari gerakan-gerakan kecil agar mereka terbiasa. Cara yang paling ampuh adalah selalu ajak anak Anda berjalan kesuatu tempat sebagai alasan agar anak Anda mau melakukan aktivitas bergerak.

2. Atur Pola Makan

Mengatur pola makan anak adalah salah satu hal penting untuk terhindar dari obesitas, pastikan konsumsi makanan anak seimbang antara hewani dan nabati. Jika pada masa kegemukan selalu berikan makanan yang lebih berat ke nabati.

3. Hindari Makanan Berkalori Tinggi

Menghindari makan berkalori tinggi merupakan satu langkah untuk mengatasi kegemukan, hal ini dikarenakan obesitas itu terjadi karena konsumsi kalori yang terlalu besar. Biasakan agar anak tidak suka ngemil atau makan makanan dengan kalori tinggi.


Obesitas umumnya dialami oleh orang dewasa, namun resiko terbesar dapat dialami oleh anak. Alasannya karena anak masih berada dalam masa pertumbuhan, terlebih lagi jika orang dikeluarga Anda pernah mengalami obesitas bisa saja menurun pada anak.

Posting Komentar